Selasa, 09 November 2010

Merawat Komponen CPU

Share

Komponen dalam CPU (central processing unit) merupakan bagian yang jarang terjamah oleh manusia. Bahkan banyak di antara pemakai komputer yang tidak tahu apa saja isi dalam CPU mereka. Yang terpenting adalah komputer masih berfungsi dan bisa digunakan, titik.

Tentu saja hal ini salah. Komponen dalam CPU perlu kita perhatikan, meskipun pada saat itu komputer masih dalam kondisi normal. Hal ini untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada saat-saat penting. Tentu tidak nyaman, jika kita membutuhkan komputer namun CPU dalam kondisi bermasalah.

Biasanya, perilaku membiarkan CPU tak terawat, khususnya komponen dalam CPU itu dilakukan oleh kaum wanita. Bukan masalah ketidakpedulian akan perawatan sesuatu, namun para wanita mengaku memiliki banyak kekhawatiran jika harus mengutak-atik CPU, khususnya pada piranti yang tertanam di dalamnya.

Membiarkan bagian dalam CPU sama sekali tak tersentuh juga bukan langkah bijak. Bagaimanapun, meski komponen dalam CPU dalam keadaan selalu tertutup, tetap harus diberikan perhatian.

Tujuan merawat komponen dalam CPU adalah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti misalnya korsleting. Partikel-partikel debu yang menyelinap masuk melalui lubang ventilasi CPU jika dibiarkan menumpuk bisa menyebabkan terjadi hubungan arus pendek. Partikel debu tersebut mengandung komponen yang bersifat konduktor atau penghantar listrik.

Untuk itu, membersihkan bagian dalam CPU merupakan hal yang sebaiknya dilakukan secara rutin. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah :

  • Jika takut terkena sengatan listrik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan arus listrik dari stop kontak yang menempel.
  • Pastikan seluruh bagian komputer tidak terhubungan dengan arus listrik. Jika masih ragu akan adanya sisa daya listrik yang tertinggal, gunakan sandal karet sebagai alas kaki. Sandal karet ini berfungsi sebagai isolator bila ternyata memang masih ada arus tersisa dalam CPU.
  • Gunakan pula sarung tangan karet sebagai pelengkap. Setelah semua dikenakan, barulah memulai membersihkan debu-debu yang menempel di bagian dalam CPU tersebut.
  • Gunakan kuas tipis yang halus atau alat penyemprot debu mini yang biasanya digunakan juga untuk membersihkan lensa kamera. Jika tidak ada, bisa gunakan kapas.
  • Ingat, jangan gunakan cairan dalam jenis apapun karena bila cairan tersebut masih menempel saat CPU dinyalakan bisa mengakibatkan korsleting.

Selamat merawat komponen dalam CPU. (http://www.anneahira.com/komponen-dalam-cpu-2649.htm)

0 comments:

Posting Komentar

Telenesia9 MMX