Minggu, 10 Oktober 2010

iPhone 3Gs, BlackBerry Bold, Palm Pre, dan N97

Share

Banyak ragam ribuan vendor ponsel dan smartphone mengeluarkan produk-produk terbaiknya untuk kepentingan konsumen yang sekedar butuh dan memang senang sekali dengan mobil gadget ini dan membuat konsumen selalu ingin membeli produk mereka. Dan siapa sih yang tidak tahu dan kenal dengan produk ponsel dan smartphone seperti iPhone, Blackberry, Nokia N97 dan Palm Pre? Pasti Anda sekalian sudah tahu, entah sebatas tahu atau memang penggemar mobile gadget ini. Mereka semua adalah ponsel perwakilan dari masing-masing vendor terkenal seperti Apple, RIM, Palm dan Nokia. Dibawah ini ada pembahasan khusus tentang beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing ke empat ponsel diatas dan semoga Anda tahu nantinya ponsel mana yang seharusnya Anda pilih (jika mau beli). Check it out…

1. Design

iPhone 3GS : Versi baru dari iPhone, tidak banyak perbedaan yang dibuatnya tetapi tetap mengejutkan. Full touchscreen dengan layar super lebar dan desain iPhone ini telah membuat sebuah revolusi dalam desain telepon seluler. Sekarang terdapat lebih dari seratus kloning dari iPhone tersedia di pasar, kebanyakan ponsel China, seperti IMO. iPhone mempunyai berat sekitar 135g
Blackberry Bold : Blackberry yang terlihat lebih pintar dari sebelumnya. Desain yang berkembang Blackberry Bold atau Blackberry Storm terlihat lebih glamor dan mewah daripada ponsel lainnya, meski iPhone menjadi pesaing terdekatnya. Beratnya hampir sama seperti iPhone yaitu 133g.
Nokia N97 : Ini adalah ponsel Nokia yang paling indah dan canggih yang pernah dihasilkan, atau paling tidak salah satunya. Bodinya cukup ramping dan terlihat glamor. Beratnya sedikit lebih besar dari yang lain, yaitu 150g. Namun berat memberikan rasa kuat dan solit sebaga ponsel smartphone.
Palm Pre : Bodinya kurang bagus sebagai ponsel smartphone yang mengusung keindahan pada sebuah desain. Beratnya hampir sama dengan iPhone 3GS dan BB Bold yaitu 133g.
Kesimpulan : Tidak ada yang benar-benar terbaik pada bidang ini, karena setiap ponsel memiliki desain unik dan menampilkan karakter pemakainya. Namun beberapa orang mengatakan iPhone mempunyai keunggulan, karena dianggap sebagai revolusi desain.

2. Display

iPhone 3Gs : IPhone yang memiliki layar 3,5 inci dan resolusi 320 x 480 piksel. Layar yang mampu menampilkan warna 16M keseluruhan kesan bahwa itu adalah layar yang sangat baik dan kaya warna, selain memang dukungan LCD screen yang baik.
Blackberry Bold : Memiliki layar berukuran kecil 2,6 inci untuk memberikan ruang bagi keyboard QWERTY lengkap. Dan yang memang menjadi satu kelebihan dari Blackberry. Dengan resolusi 480 x 320 piksel. Dan herannya untuk ketajaman warna, hanya sampai 65K (65000 warna) tapi tetap kelihatan jelas, setidaknya begitu.
Palm Pre : Mempunyai layar selebar 3,1 inci dan memiliki resolusi 320 x 480 piksel. Ketajaman warna mencapai 16M, hampir sama baiknya dengan iPhone.
Nokia N97 : Ukuran layar hampir sama dengan iPhone, 3,5 inci. Dengan ketajaman 16M warna. Resolusi berada pada 360 x 640 yang berarti layar sangat jelas dan sangat tajam dan memiliki lebih banyak ruang untuk menampilkan aplikasi lain.
Kesimpulan : Untuk bagian ini N97 layak mendapat posisi pertama, kemudian disusul iPhone, Palm Pre dan BB Bold. Karena N97 unggul dalam resolusi layar, yaitu 360×640 piksel.

3. Keyboard

iPhone 3GS : Tidak ada hardware keyboard untuk ponsel ini, karen full touchscreen, hanya keyboard virtual. Terkadang respon terhadap layar kurang baik, jika tidak menggunakan dengan baik. Terdapat sistem koreksi kesalahan, tapi kurang akurat dan teliti, kurang lebih begitu.
Blackberry Bold : Blackberry hampir semuanya dilengkapi dengan keyboard QWERTY, kecuali Blackberry Storm. DAn ukuran keyboard lebih lebar, mungkin juga didukung layar yang lebar pula. Hal inilah salah satu kelebihan dari Blackberry. Tentu saja bagi Anda yang senang dengan model keyboard QWERTY.
Palm Pre : Palm juga menawarkan slide out QWERTY keyboard, tetapi tombol yang kecil bagi mereka yang mempunyai jari sedikit besar tentu saja ini bermasalah. Setidaknya untuk ukuran orang dewasa, ibu jari bisa menekan 4 tombol.
Nokia N97 : N97 yang juga dilengkapi dengan slide out keyboard tetapi tombol tidak kecil seperti Palm dan terdapat jarak yang cukup tiap tombol. Tapi terkadang, jika kita menekan tombol tidak dengan sedikit keras maka tulisan yang kita inginkan tidak muncul.
Kesimpulan : Blackberry untuk bagian ini pantas lebih unggul dengan keyboard yang sangat baik diikuti oleh Nokia N97 dan Palm Pre. Blackberry juga memenangkan di keyboard aksesibilitas. Tidak perlu slide out keyboard untuk menggunakan hardware keyboard. Untuk iPhone tidak disarankan, karena memang full touchscreen.

4. Memory capacity

iPhone 3GS : Memiliki 2 pilihan kapasitas memori internal, yaitu 16 GB dan 32Gb. Tidak ada slot memori eksternal. Kapasitas RAM (Random Acces Memory) 256MB.
Blackberry Bold : Memiliki internal memori sebesar 1GB dan dukungan slot eksternal memori card microSD hingga 8GB. Kapasitas RAM 128MB.
Palm Pre : Memori Internal sebesar 8GB tanpa slot memori eksternal.
Nokia N97 : Memiliki pilihan memori internal sebesar 16GB dan 32 GB dan dukungan memori eksternal microSD sampai 48GB. Kapasitas RAM 128MB.
Kesimpulan : iPhone mempunyai keunggulan dalam RAM sedangkan N97 unggul dalam memori eksternal, maksimal 48Gb.

5. Application Availability

iPhone 3GS : Dukungan penuh pada Apple Application Store. iPhone adalah platform yang paling mudah untuk mengembangkan aplikasi. Hal ini mengapa ada ribuan pengembang mengembangkan jutaan apps untuk iPhone. Bahkan banyak situs-situs di dunia maya menyediakannya, jika Anda tidak mau konek dengan Apple Store.
Blackberry Bold : Pengembang aplikasi Blackberry tidak cukup tanggap melakukan update alat untuk akses ke Core API pada handset Blackberry. Tapi ada beberapa aplikasi yang berguna untuk Blackberry, seperti Top Secret Mail. Dapat juga dilihat pada Blackberry Storm application.
Palm Pre : Palm Pre mendukung banyak aplikasi lama dari Palm Apps dan mereka sedang mengembangkan aplikasi baru untuk Palm Pre juga.
Nokia N97 : N97 yang dilengkapi dengan preloaded Ovi Store yang dimudahkan untuk mendownload aplikasi. Selain itu karena didukung Symbian OS 9.4, sehingga memudahkan N97 menerima beragam aplikasi dari pihak developer.
Kesimpulan : Mungkin iPhone tidak terlalu terbuka menerima aplikasi seperti Nokia, tapi beberapa kualitas aplikasi dari iPhone unggul daripada Nokia, mungkin juga karena dari produk Apple sendiri. Tidak seperti Nokia, kebanyakan dari developer lain atau aplikasi pihak ketiga.

6. Connectivity

iPhone 3GS : Perangkat ini mampu berkomunikasi melalui jaringan GSM Quad Band dan dukungan frekuensinya pada 850/900/1800/1900. Juga mendukung 3G HSDPA dengan frekuensinya dari 850/1900/2100 band. Kecepatan HSDPA up to 7,2 MBps. Plus tambahan WiFi. Juga dapat terhubung dengan port USB dan Bluetooth A2DP.
Blackberry Bold : Ponsel Quad Band 850/900/1800/1900 dan mampu berkomunikasi melalui 3G HSDPA pada frekuensi 850/1900/2100. Untuk jaringan 3G HSDPA hanya mencapai 3.6Mbps dan dukungan WIFI. Sama dengan iPhone, ada koneksi Post USB dan Bluetooth A2DP.
Palm Pre : Salah satu ponsel Quad Band GSM juga dan dukungan 3G HSDPA, wifi, Port MicroUSB dan Bluetooth A2DP.
Nokia N97 : Hampir sama dengan ponsel smartphone diatas.
Kesimpulan : Dalam hal konektivitas, memang iPhone lebih unggul dengan koneksi mencapai 7.2Mbps, sedangkan tiga ponsel lainnya hanya 3.6Mbps. Tapi dalam kehidupan nyata sekarang, tidak ada operator yang menyediakan sampai 7.2Mbps, paling tidak untuk wilayah Indonesia. Jadi pada dasarnya tidak ada yang paling unggul disini. Saya saja hanya memakai layanan up to 256kbps

7. Usability

iPhone 3GS : Soal kegunaan, iPhone 3GS ini bisa dikatakan cukup banyak berguna, meski lebih tepatnya untuk multimedia dan glamorisasi. Tapi untuk pekerjaan kantoran, bahkan efisiensi dan efektif untuk mengirim pesan saja sudah cukup menyulitkan.
Blackberry Bold : Blackberry dikenal untuk kegunaan pada aplikasi bisnis, seperti office dan email. Mempunyai tombol shortcut cepat ke aplikasi namun harus terbiasa dengan sistem operasi Blackberry.
Palm Pre : Hampir sama antara kegunaan untuk kerja kantoran dan aplikasi biasa. Denganbasicnya dari dulu sebagai smartphone, maka dijamin aplikasi kantoran bukan lagi masalah.
Nokia N97 : Dengan berbekal sistem Operasi Symbian 9.4 series 60 rel 5 maka beragam aplikasi cukup banyak yang support dan aplikasi kantoran sudah lumayan cukup.
Kesimpulan : Jika dilihat dari dukungan Operating System, aplikasi dan fitu office maka urutannya mungkin Palm Pre, iPhone 3GS, Blackberry Bold dan N97. Bagaimana menurut Anda?

8. Speed

iPhone 3GS : Menggunakan prosesor ARM Cortex A8 dengan clock speed 600Mhz sebagai otaknya dan PowerVR SGX sebagai graphicnya. Dan simbol S pada iPhone 3GS dan S itu adalah singkatan dari Speed
Blackberry Bold : Menggunakan prosesor dengan clock speed 624Mhz
Palm Pre : Menggunakan prosesor yang sama dengan iPhone 3GS dan PowerVR SGX 530 sebagai graphicnya.
Nokia N97 : Menggunakan prosesor ARM 11 434 Mhz, sehingga terlihat agak lambat dan berpengaruh juga pada render gambar ketika membuka web.
Kesimpulan : Untuk urusan ini, Nokia N97 kalah dengan 3 ponsel yang lain.

9. Camera

iPhone 3GS : Memiliki kamera 3.15 Mp dengan fitur autofokus, touchfocus dan fasilitas geotag. Kemampuan merekam video sudah mendukung resolusi VGA 30 fps. Tidak ada lampu flash.
Blackberry Bold : Mempunyai kamera 2MP dengan lampu LED Flash tapi tanpa dukungan autofokus.
Palm Pre : Cukup lengkap dengan kamera 3.15Mp dukungan autofokus dan lampu LED flash.
Nokia N97 : Dukungan kamera 5MP dengan optik Carl Zeiss. Lampu LED flash, fitur geotag dan merekam video dengan resolusi VGA 30 fps.
Kesimpulan : Untuk bagian ini. layak jika N97 unggul dari ketiga lainnya.

10. Overall

iPhone 3GS : Secara keseluruhan, iPhone 3GS jauh lebih baik dari versi sebelumnya, iPhone 3G. Dan dari segi fitur lainnya seperti yang dijelaskan diatas, cukuplah jika iPhone 3GS menjadi smartphone high end dan mewah (selain karena harganya yang memang mahal ). cukup sulit menentukan yang terbaik.
Blackberry Bold : BlackBerry selalu menjadi pilihan pertama bagi pebisnis, mereka menggunakan Blackberry karena fungsinya memang benar-benar khusus untuk bisnis dan office. Dengan kata lain ada kelebihan khusus.
Palm Pre : Secara keseluruhan, Palm Pre jauh dibawah ketiga ponsel lainnya, dari segi office dan multimedia dan desain tapi cukup bagus untuk ponsel smartphone yang high end.
Nokia N97 : Untuk saat ini, Nokia N97 menjadi “anak emas” di Nokia. Dengan kemampuan OS yang stabil, touchscreen yang lebih baik dari versi lainnya, fitur kamera yang baik dan beragam lagi fitur multimedia lainnya.
Kesimpulan : Pada akhirnya sulit menentukan mana yang terbaik. Karena setiap ponsel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan hal ini yang menyebabkan tidak ada pemenang yang keseluruhan outperforms/outstanding dari yang lain dalam segala hal. Dan pada akhirnya, selera dan kemampuan budgetlah yang menentukan. (http://cahayacell.webnode.com/news/perbandingan-iphone-3gs-vs-blackberry-bold-vs-nokia-n97-vs-palm-pre/)

0 comments:

Posting Komentar

Telenesia9 MMX